Translate

Minggu, 06 Januari 2013

Dinosaurus Ternyata Bisa Bergoyang


Oviraptor, dinosaurus herbivora berkaki dua kerabat T-Rex yang hidup di China, Mongolia dan Alberta ternyata pandai menari. Mereka menari untuk menarik pasangan. Inilah hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Acta Palaentologica Plonica baru-baru ini.

"Oviraptor jelas memiliki anatomi yang dibutuhkan untuk bergoyang dan memamerkan ekornya secara anggun," ungkap Scott Persons, pimpinan tim penelitian, seperti diberitakan Discovery, Jumat (4/1/2013).

"Saya kira menggambarkan goyangan oviraptor mungkin bisa tetapi koreografi goyangannya secara jelas adalah sesuatu yang tak bisa diperoleh dengan mempelajari tulangnya dan yang mengecewakan, itu mungkin sesuatu yang palaentolog tak akan pernah tahu," tambahnya.

Palaentolog telah mengetahui bahwa oviraptor memiliki bagian tulang belakang yang pendek dan banyak, mendukung fleksibilitas. Otot yang besar juga terjalin hingga ke bagian ekor, membuat dinosaurus itu mampu membuat goyangan ke samping dan ke atas atau bawah.

Oviraptor mungkin memiliki bulu ekor yang sangat menawan. Oviraptor dari China, berdasarkan hasil studi palaentologi, mungkin memiliki warna warni. Namun, hal ini masih belum benar-benar bisa dibuktikan.

Dari studi ini, ilmuwan mengungkapkan bahwa bulu ekor pada oviraptor sudah cukup maju. Oviraptor eksis sekitar 120 juta tahun lalu. Menurut ilmuwan, oviraptor bukan termasuk dinosaurus pertama yang mengembangkan bulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar